Jasa Maklon Sepatu, Sandal dan Tas Bandung

Jenis Bahan Sepatu dari Kulit

Sebelum kita melakukan pemesanan sepatu, ada baiknya kita mengenal bahan sepatu, khususnya yang berbahan kulit agar kita tahu karakter dan produk yang akan kita hasilkan.

Bahan sepatu yang paling populer adalah dari bahan kulit. Kulit bisa terbuat dari kulit sapi, domba, buaya maupun ular yang telah disamak. Ada beberapa jenis bahan kulit yang sering digunakan sebagai bahan sepatu diantaranya :

1. Suede
Jenis kulit Suede adalah jenis bahan kulit yang diproses secara terbalik, yaitu disamak dari bagian dalam kulit. Kulit Suede memiliki tekstur yang lebih lembut. Sepatu kulit yang menggunakan bahan kulit suede terkesan lebih santai dan tidak formal / casual.














2. Buck/Nubuck
Seperti suede, Perbedaanya adalah pada proses pembuatanya. Tidak seperti kulit Suede, jenis kulit Nubuck tidak dibuat dari bagian dalam kulit binatang. Melainkan dibuat dari bagian luar kulit binatang. Namun permukaannya dihaluskan menggunakan permukaan yang kasar, sehingga menghasilkan permukaan kulit yang halus seperti pada jenis kulit Suede.











3. Brush Off
Kulit permukaan halus dan mengkilat. Kelebihan lain dari bahan sepatu ini mudah dibersihkan. Jenis kulit Patent Leather adalah jenis kulit yang diproses dengan dilapisi bahan protektif seperti acrylic. Sehingga menghasilkan jenis kulit yang sangat mengkilap, berwarnana terang, dan licin. Biasanya jenis kulit ini digunakan untuk sepatu formal.













4. Full Grain
Jenis bahan kulit yang di proses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaanya. Sehingga motif permukaan pori-pori kulit (grain) masih terlihat alami atau natural, sehingga tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas. Bahan kulit ini sering di buat untuk mabel, tas, jaket dan juga sepatu.













5. Pull Up
Jenis kulit Pull-Up adalah proses pengolahan lanjutan dari jenis kulit Finish Leather. Pada jenis kulit pull-up, kulit yang telah selesai di proses menjadi finish leather kemudian ditarik melar sehingga didapatkan kulit yang lebih tipis.